Jumat , 23 Februari 2018
Beranda / Berita / PANGDAM MAYJEN AGUS IKUT BAHAS MENGAPA UMAT ISLAM TERBELAKANG

PANGDAM MAYJEN AGUS IKUT BAHAS MENGAPA UMAT ISLAM TERBELAKANG

 Pada Sabtu (27/1/2018) di Gedung Islamic Centre IMMIM Makassar Jl. Jenderal Sudirman 33 Makassar, para tokoh Islam, cendekiawan muslim serta politisi, para tokoh, mubaligh, jurnalis, mahasiswa, termasuk Pangdam Hasanuddin Mayjen TNI Agus SB terlihat alot membahas kondisi Islam saat ini yang masih mengalami keterbelakangan.

 Acara yang merupakan forum diskusi bulanan dalam rangka memberikan pencerahan dan tranformasi ilmu pengetahuan kepada para umat Islam, kali ini membahas thema " FDI Menggugat Mengapa umat Islam terbelakang ? ". Selain Prof. Dr. H. Ahmad M. Sewang, M. A, membahas masalah dari aspek sejarah serta Prof. Dr. H. Nasir Hamzah' MA. dari perspektif ekonomi Islam. Juga nampak panelis lainnya menyampaikan pemikiran maupun ide-idenya menyangkut permasalahan tersebut yaitu Prof. Dr. H. Qasim Mathar, M. A. dari aspek politik. Begitu pula Prof. Dr. H. Tahir Kasnawi, M. Si melalui tinjauan sosiologis maupun Dr. H. Aswad Hasan. M. Si. memahami dari aspek media.

 Dalam pandangan Mayjen Agus SB sebagai salah satu komentator yang didasari pada perspektif pengalaman sebagai seorang militer, bahwa " apabila ingin maju maka hal mendasar yang harus dimiliki umat Islam ialah disiplin. Kemudian umat Islam harus meneladani Rasulullah dalam menegakkan kedamaian. Selain itu juga mengaplikasikan sifat-sifat Allah atau asma Allah yang intinya juga membahagiakan orang lain dengan menciptakan kedamaian, menjaga saudaranya akan rasa aman dan menutupi aib saudaranya".

 Selanjutnya, Pangdam mengajak kepada yang hadir dalam forum diskusi untuk menjadi duta damai dalam masyarakat, antar umat dan warga bangsa saling hormat menghormati dan saling sayang menyayangi, sehingga tercipta rasa aman dan damai, pada gilirannya terwujud kesejahteraan.

 Disisi lain, Pangdam menyoroti bahwa dunia militer terbangun dengan hirarki tegak lurus yang melahirkan kesetiaan. Begitu pula umat Islam harus loyal atau setia dan hormat kepada pimpinan. Umat Islam harus saling hormat menghormati satu sama lain. Umat Islam harus menebarkan salam tidak hanya dengan ucapan dan jabat tangan tetapi dengan hati yang ikhlas sehingga diperoleh kedamaian dan kesejahteraan sesuai dengan makna Islam.

 Dipenghujung diskusi, Host Prof.Dr. Hamdan Juhannis, MA yang mengkomandoi forum diskusi, dengan joke-joke segarnya sehingga membuat suasana diskusi semakin hidup interaktif dan inovatif menyimpulkan bahwa walaupun belum diketahui faktor penyebab umat Islam menjadi terbelakang. Namun, paling tidak dengan kegiatan diskusi ini menyadarkan kepada kita untuk memulai dari sekarang segera berupaya mengatasi penyebabnya.

Tentang Penerangan Kodam

Penerangan Kodam

Baca Juga

NENEK SEBATANG KARA, BAHAGIA DIKUNJUNGI PRAJURIT HASANUDDIN

 Dandim 1401/Majene Letkol Inf Rahman bersama Ibu Ketua Persit KCK Cabang XXXVI Majene Ny Adriani …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

.