Minggu , 17 Desember 2017
Beranda / Kegiatan / MAYJEN AGUS SB BERI KULIAH LUAR KEPADA MAHASISWA UNISMUH

MAYJEN AGUS SB BERI KULIAH LUAR KEPADA MAHASISWA UNISMUH

 Kepercayaan Kampus Perguruan Tinggi di wilayah Sulsel khususnya kota Makassar, terhadap institusi Kodam XIV/Hasanuddin telah mendapat apresiasi dan penilaian cukup baik. Salah satu bukti dengan terselenggaranya kuliah luar yang dibawakan oleh Pangdam Hasanuddin Mayjen TNI Agus SB, berlangsung di ruang Bina Yudha Makodam Makassar. Selasa (05/12).

 Kuliah luar yang diikuti 64 orang mahasiswa Unismuh, merupakan bagian dari materi kuliah Politik Pertahanan Keamanan dengan tema "Memantapkan wawasan kebangsaan, guna mewujudkan Indonesia raya", turut dihadiri Koordinator staf ahli Pangdam Kolonel Arm Herman K Watulangkow, staf ahli bidang Ideologi Kolonel Inf A Yudi Hartono, Kapendam Kolonel Inf Drs Alamsyah, M.Si, Waaster Kasdam Letkol Arm Bambang Irawan dan Dr Arqam Asikin, M.Si Dosen Fisipol Unismuh Makassar.

 Mengawali pemberian materinya, Pangdam menjelaskan tentang arti dan keberadaan lagu kebangsaan Indonesia raya, dimana memiliki arti sangat penting bagi generasi bangsa Indonesia dalam memupuk semangat kebersamaan, untuk mempersatukan jiwa, pikiran dan tindakan menjadi suatu bangsa yang merdeka, yakni bangsa Indonesia.

 Selain itu, Pangdam juga mengingatkan kepada mahasiswa yang hadir, bahwa bangsa Indonesia merupakan negara yang memiliki potensi sumber daya alam yang cukup tinggi, sehingga berpotensi menarik perhatian dari banyak negara-negara besar untuk berkeinginan menguasai daerah Indonesia demi kepentingan sendiri dengan berbagai macam cara.

 Kondisi tersebut, sangat potensi berdampak terhadap timbulnya berbagai ancaman, baik secara militer maupun nirmiliter. Namun untuk mengatasinya, bukan hanya menjadi tanggungjawab TNI semata sebagai komponen utama pertahanan negara, akan tetapi menjadi tanggungjawab semua komponen, baik utama, cadangan maupun komponen pendukung.

"Semangat Tentara Nasional Indonesia, tidak akan pernah luntur untuk menegakkan dan mempertahankan kedaulatan negara kesatuan republik Indonesia". Tegas Pangdam.

 Diakhir materinya, Mayjen TNI Agus SB mengajak kepada para mahasiswa sebagai generasi muda bangsa, untuk menjauhi narkoba, sikap hedonisme dan materalisme serta bijak dalam menggunakan media sosial. Selain itu, para mahasiswa harus memiliki jiwa kompetitif untuk terus berkarya dan berprestasi, dalam mewujudkan dan membangun bangsa Indonesia yang lebih maju.

 Dr Aqram Asikin, M.Si selaku pendamping mahasiswa, menyampaikan ungkapan terima kasih dan penghargaan kepada Pangdam Hasanuddin, atas kesediaannya untuk memberikan materi kuliah luar. "Materi yang disampaikan Pangdam Hasanuddin, sangat bermanfaat bagi kami dan mahasiswa sebagai sebuah pengetahuan dan pemahaman, karena penjelasannya sangat detail dan banyak memberikan informasi baik lokal maupun nasional". Ucapnya.

Tentang Penerangan Kodam

Penerangan Kodam

Baca Juga

WARGA MAKASSAR MERIAHKAN LARI 10 K HARI JUANG KARTIKA

 Memeriahkan peringatan Hari Juang Kartika (HJK) ke-72 tahun 2017, tidak hanya digelar berbagai kegiatan bakti …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

.