Jumat , 29 Mei 2020
Beranda / Kegiatan / Jalankan Instruksi Kasad, Pangdam Hasanuddin Rapat Virtual Bersama Danrem Bahas Penanganan Covid-19

Jalankan Instruksi Kasad, Pangdam Hasanuddin Rapat Virtual Bersama Danrem Bahas Penanganan Covid-19

Setelah menerima pengarahan Kasad pada rapat virtual Kasad dengan para Pangdam seluruh Indonesia. Panglima Kodam XIV/Hasanuddin, Mayjen TNI Andi Sumangerukk menggelar video conference (vidcon) dengan Danrem 141, 142 dan 143, bertempat di ruang Puskodalops, Makodam Jl. Urip Sumoharjo, Makassar, Jum’at (22/5/2020).

Kegiatan yang melibatkan Kasdam Brigjen TNI Andi Muhammad dan para PJU yang terlibat pada Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Sulsel tersebut menindak lanjuti penekanan Kasad agar dapat disampaikan sampai tingkat bawah yakni Babinsa.

Menyoroti adanya dampak konsiderans dari sektor lain, bukan hanya masalah kesehatan, tetapi ada juga masalah ekonomi, sosial maupun politik.

Pangdam pun mengingatkan kepada seluruh Danrem agar disampaikan keseluruh anggota untuk meningkatkan kewaspadaan dan mampu mengantisipasi berbagai kemungkinan yang akan terjadi ke depan.

"untuk prajurit yang bertugas di lapangan agar mengedepankan fleksibilitas, sehingga tidak terkesan arogan dalam bertindak" jelas Pangdam.

"Bila terdapat masyarakat melanggar protokol kesehatan, umpamanya tidak memakai masker, jangan dihukum tapi berilah masker, karena itu Danrem dan Dandim bertanggungjawab bekal masker anak buahnya" jelas Daeng Ako sapaan akrab kawan-kawan masa kecilnya.

"Terkait shalat Idul Fitri, kesepakatan para ulama (MUI) Sulsel dengan pemerintah untuk melaksanakan shalat Ied di rumah masing-masing, tidak di masjid atau lapangan" tutur jenderal bintang dua ini

Namun bila ada masyarakat yang memaksakan Dandim agar berkoordinasi dengan Bupati/Walikota dan instansi terkait sehingga pelaksanaannya mematuhi protokol kesehatan.

Lebih lanjut ia mengungkapkan bahwa dalam waktu dekat akan dikirim 1.000 rapit tes dari Kasad untuk para prajurit, termasuk alat untuk Swab.

Harapannya hasil reaktif saat rapit tes segera ditindaklanjuti dengan swab untuk dikirim ke RSPAD.

"Laboratorium RSPAD mampu menguji swab dalam kurun 1-2 jam" jelas Mayjen Andi menirukan Kasad.

Tentang Penerangan Kodam

Penerangan Kodam

Baca Juga

Halal Bil Halal Virtual Pangdam Hasanuddin Bersama Gubernur Sulsel

Pangdam XIV/Hasanuddin Mayjen TNI Andi Sumangerukka, S.E mengikuti halal bil halal virtual bersama Gubernur Sulsel …

.