Sabtu , 7 Desember 2019
Beranda / Berita / PERAN RUMAH SAKIT PELAMONIA BERIKAN PELAYANAN KESEHATAN

PERAN RUMAH SAKIT PELAMONIA BERIKAN PELAYANAN KESEHATAN

Wakil Kepala Rumah Sakit (Karumkit) TK. II Pelamonia Kesehatan Kodam (Kesdam) XIV/Hasanuddin Letkol Ckm dr. Fenty Alvian Amu, Sp.P., M.A.R.S., FISR melakukan dialog interaktif TNI Polri di Studio Radio Republik Indonesia (RRI) Makassar, Jl. Riburane No. 3. Selasa, (19/11).

Dialog interaktif ini dimulai tepat pukul 11.00 s.d. 12.00 Wita dipandu oleh reporter RRI saudara Alpian dengan membahas tentang "Peran Rumah Sakit (RS) Tk. II Pelamonia dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada prajurit beserta keluarganya dan masyarakat umum".

Dalam dialognya Letkol dr. Fenty menuturkan bahwa rumah sakit Pelamonia yang dibangun pada tahun 1917 oleh Pemerintah Hindia Belanda saat itu merupakan Militaire Hospital

Setelah Indonesia merdeka, dibawah naungan Kementerian Pertahanan yang memiliki tugas berbeda dengan rumah sakit-rumah sakit pada umumnya.

"Dilihat dari fungsinya awal terbentuknya rumah sakit TNI jajaran Kemhan salah satunya adalah RS. Pelamonia ini, memiliki fungsi melayani dan menjaga kesehatan Prajurit, PNS Kemhan termasuk keluarganya" ujar Wakarumkit

"Selain itu juga harus siap, melayani korban bencana alam maupun konflik sosial, demi kepentingan negara", tambahnya

Lebih lanjut Wakarumkit menjelaskan bahwa sesuai perkembangan zaman dan tuntutan Undang-undang, RS. Pelamonia yang tadinya hanya melayani Prajurit, PNS Kemhan dan keluarganya, saat ini juga wajib melayani masyarakat umum dalam artian masyarakat yang berstatus bukan prajurit dan PNS Kemhan dapat juga berobat di RS. Pelamonia.

"ini merupakan wujud bahwa TNI umumnya, khususnya Rumah Sakit jajaran Kesehatan Militer adalah bagian dari rakyat yang hadir dari rakyat, untuk rakyat sebagai wujud pengabdian di masa damai kepada rakyat", tambah Letkol dr. Fenty Alvian.

Sebagai informasi bahwa RS. Pelamonia merupakan salah satu rumah sakit jajaran TNI khususnya Angkatan Darat yang paling besar dan menjadi salah satu rumah sakit rujukan di Wilayah Timur Indonesia.

Menurut Wakarumkit bahwa rumah sakit rujukan didasarkan adanya Surat Telegram dari Pusat Kesehatan TNI guna memperpendek rute evakuasi dan mempercepat penanganan pasien secara efisien dan efektif.

"Selain sebagai fungsi rumah sakit, RS. Pelamonia juga turut berperan dalam menyukseskan program pemerintah di bidang kesehatan dalam mewujudkan Indonesia Sehat, terdapat beberapa kegiatan yang dilakukan seperti pelibatan personel rumah sakit dalam penanggulangan bencana, melaksanakan kegiatan promotif, preventif di wilayah dinas kesehatan setempat serta kegiatan-kegiatan bakti sosial", tutup Letkol dr. Alvian.

Diakhir dialog Wakarumkit menginformasikan bahwa dalam waktu dekat RS. Pelamonia akan melaksanakan kegiatan Bakti Sosial operasi bibir sumbing dan langit-langit secara cuma-cuma (gratis) bagi masyarakat yang kurang mampu, rencananya akan dilaksanakan pada tanggal 10 s.d. 15 Desember 2019.

Pada penghujung acara dalam sapa pendengar yang waktunya cukup singkat, para pendengar RRI Makassar programa 1 frekwensi 94.4 Mhz AM 476.19 MTR 630 kHz ini terdengar sangat antusias mengikuti jalannya dialog interaktif, terdapat 5 orang yang menelpon untuk bertanya, yang kesemuanya mendapatkan jawaban cukup memuaskan dari Letkol dr. Alvian

Tentang Penerangan Kodam

Penerangan Kodam

Baca Juga

STAF AHLI PANGDAM HASANUDDIN BIDANG OMSP HADIRI ACARA PENYERAHAN SERTIFIKAT TANAH WARGA

Staf Ahli Pangdam XIV/Hasanuddin Bidang Operasi Militer Selain Perang Kolonel Inf Muh. Ali, S.H menghadiri …

.