Kamis , 17 Oktober 2019
Beranda / Kegiatan / TUMBUHKAN KEKUATAN NASIONALISME, STAF AHLI PANGDAM HASANUDDIN BEKALI WASBANG MAHASISWA BARU UNIVERSITAS ISLAM MAKASSAR

TUMBUHKAN KEKUATAN NASIONALISME, STAF AHLI PANGDAM HASANUDDIN BEKALI WASBANG MAHASISWA BARU UNIVERSITAS ISLAM MAKASSAR

Bertempat di gedung Auditorium Drs. K. H. Muhyiddin Zain Jl. Perintis Kemerdekaan KM. 9 No. 29 Kota Makassar, Staf Ahli Pangdam Hasanuddin Kolonel Czi Ade Heri memberikan kuliah umum bertemakan "Menumbuhkan Nasionalisme Kebangsaan Dalam Menjaga Keutuhan NKRI", kepada Mahasiswa Baru Universitas Islam Makassar, Kamis (12/8).

Diawal pemaparannya Kolonel Ade Heri menjelaskan tentang empat konsensus nasional yang harus dipegang teguh oleh para anak bangsa yakni Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika dan NKRI.

"Pancasila adalah ideologi negara dan falsafah bangsa yang berasal dari nilai-nilai luhur bangsa yang harus dipertahankan" terang Kolonel Ade.

"Sedangkan UUD 1945 merupakan konstitusi dasar negara sebagai pijakan dalam menjalankan ketatanegaraan dan ketata pemerintahan dalam mewujudkan cita-cita mulia masyarakat yang adil dan makmur (tata tenteram kartaraharja gemah ripah lahjinawe)", jelasnya pula.

Kolonel Ade pun menerangkan, meskipun bangsa Indonesia beranekaragam tetapi pada hakikatnya adalah satu kesatuan. Semboyan Bhinneka Tunggal Ika ini digunakan untuk menggambarkan persatuan dan kesatuan bangsa meski beraneka ragam budaya, bahasa daerah, ras, suku bangsa, agama dan kepercayaan.

Lebih lanjut Staf Ahli bidang Ideologi ini menjelaskan dihadapan 2.100 mahasiswa baru bahwa Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah bentuk negara yang terdiri dari wilayah kepulauan yang tersebar dengan beraneka ragam adat, budaya, suku dan keyakinan.

"Kekayaan dalam perbedaan inilah yang harus dipupuk dirumbuh kembangkan untuk memperkuat rasa nasionalisme" jelas Ade Heri "Kita harus terus menerus bersatu memperkokoh semangat Bhineka Tunggal Ika, kita harus bersatu dalam upaya untuk menjadi bangsa yang kuat, bangsa yang besar dan anak bangsa yang selalu menjaga persatuan dan kesatuan," imbuhnya.

Antusias para mahasiswa maupun mahasiswi pun terlihat ketika berbagai pertanyaan diajukan kepada Kolonel Ade Heri. Dengan gaya bahasa yang sederhana dan mudah dimengerti dijelaskan cara-cara memperkuat NKRI dengan memperkokoh rasa nasionalismenya.

Hadir pada acara tersebut, Rektor Universitas Islam Makassar diwakili Warek 3 bidang kemahasiswaan, Wakil Rektor bidang akademik, Dewan Pembina dan Para dekan Universitas Islam Makassar .

Tentang Penerangan Kodam

Penerangan Kodam

Baca Juga

KODAM HASANUDDIN IKUT MERIAHKAN OPEN ROAD EXPEDITION VI SULSEL

Pangdam XIV/Hasanuddin Mayjen TNI Surawahadi, S.IP., MSi bersama Kasdam Brigjen Budi Sulistijono dan sejumlah pejabat …

.