Kamis , 17 Oktober 2019
Beranda / SERBA - SERBI SATUAN / SATGAS YONIF 725/WRG AJARKAN WARGA TOWE HITAM PAPUA BUDIDAYA TANAMAN PADI

SATGAS YONIF 725/WRG AJARKAN WARGA TOWE HITAM PAPUA BUDIDAYA TANAMAN PADI

Sembari menunggu penarikan untuk kembali ke induk pasukan, Satgas Yonif 725/Wrg yang telah purna tugas melaksanakan pengamanan perbatasan tidak hentinya memberikan hal yang bermanfaat bagi masyarakat di daerah perbatasan.

Salah satunya yang dilaksanakan oleh anggota Satgas Yonif 725/Wrg yang berada di Pos Towe Hitam, Distrik Towe, Kabupaten Keerom pimpinan Letda Inf Abbas melaksanakan kegiatan panen padi bersama masyarakat setempat. Jum'at, 16 Agustus 2019.

Dansatgas Yonif 725/Wrg Letkol Inf Hendry Ginting S., S.I.P., mengatakan bahwa apa yang dilakukan oleh anggotanya merupakan upaya untuk membantu peningkatan pendapatan ekonomi masyarakat khususnya yang berada di wilayah Distrik Towe Kabupaten Keerom.

"Panen padi yang dilakukan oleh anggota Pos Towe Hitam ini adalah merupakan pertama kalinya di wilayah Distrik Towe, dan ini merupakan wujud kepedulian TNI untuk selalu membantu kesulitan yang dihadapi oleh masyarakat", ungkap Letkol Inf Hendry Ginting.

Dansatgas juga mengatakan bahwa beberapa kendala yang dialami dalam budidaya tanaman padi diantaranya terbatasnya ketersediaan sarana produksi pertanian seperti pupuk dan perstisida maupun alat yang digunakan untuk pembukaan lahan kosong hingga menjadi sepetak sawah.

“Tapi dengan semangat pengabdian kepada warga dan bangsa ini, dengan menggunakan peralatan seadanya serta penggunaan pupuk kompos yang diterapkan oleh anggota, lahan yang dulunya tidak produktif sekarang sudah bisa dipanen dan dari luas sawah ± 1 Hektar tersebut dapat menghasilkan gabah sebanyak 5 karung” tutur Dansatgas.

Atas kegiatan yang dilakukan oleh Satgas Yonif 725/Wrg tersebut, mendapat respon yang baik dari masyarakat, hal tersebut terlihat dari antusiasme masyarakat yang turut serta dalam kegiatan panen dan munculnya keinginan dari wraga untuk melanjutkan budidaya tanaman padi yang telah dirintis oleh anggota Satgas Yonif 725/Wrg.

“Bapak-bapak tentara telah memberikan kami pelajaran yang sangat berharga, dan ini akan terus kami lanjutkan” ucap Joseph salah satu warga Distrik Towe.

Perlu diketahui bahwa daerah Towe Hitam terletak di wilayah terpencil di Distrik Towe yang dikelilingi oleh pengunungan dan jauh dari keramaian, untuk sampai di wilayah tersebut menggunakan akses udara helikopter. Untuk akses darat hanya dapat dilewati dengan berjalan kaki sampai berminggu-minggu dikaitkan dengan medan dan cuaca yang ekstrem.

Tentang Penerangan Kodam

Penerangan Kodam

Baca Juga

KESIGAPAN KODIM MAROS PADAMKAN API DI GUNUNG KABUNG

Maros - Kebakaran hutan melanda Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) di dusun Kaluku desa Purna Karya …

.