Minggu , 8 Desember 2019
Beranda / SERBA - SERBI SATUAN / PEDULI MASALAH KESEHATAN MASYARAKAT, SATGAS YONIF 721/MKS LAKSANAKAN PATROLI KESEHATAN DARI RUMAH KE RUMAH

PEDULI MASALAH KESEHATAN MASYARAKAT, SATGAS YONIF 721/MKS LAKSANAKAN PATROLI KESEHATAN DARI RUMAH KE RUMAH

Keberadaan Satgas Pamtas Penyangga RI-PNG Yonif 721/Makkasau mulai menyita rasa simpati dari warga di perbatasan ujung Timur Indonesia. Satuan Tugas dibawah pimpinan Letkol Inf Andi Wicaksono Wibowo S.I.P Danyonif 721/Mks menerjunkan Tim Kesehatan untuk melaksanakan Patroli Kesehatan dengan memberikan pelayanan kesehatan gratis bagi masyarakat di wilayah kota Mulia, Puncak Jaya, Selasa 23 Juli 2019.

Patroli Kesehatan dipimpin oleh Dokter Satgas Letda Ckm dr. Syaziliasnur Qudrat yang dilaksanakan sedikit berbeda dari kegiatan pelayanan kesehatan seperti biasanya yang menggelar Pengobatan di setiap pos, namun dilaksanakan dengan menyisir tiap-tiap rumah.

“Patroli kesehatan kali ini dilaksanakan dengan melakukan Patroli dari kampung ke kampung dan dari rumah ke rumah dengan harapan dapat menyentuh langsung ke masyarakat yang memerlukan pelayanan kesehatan” jelas dr. Syazil.

“Sebagian besar penyakit yang diderita oleh masyarakat adalah ISPA (Infeksi Saluran Pernafasan), nyeri pada persendian, nyeri kepala, demam, gatal-gatal serta luka-luka dan sebagian besar masyarakat masih kurang tingkat kesadarannya akan pentingnya hygienitas diri dan sanitasi lingkungan, sehingga mereka mudah untuk terkena penyakit” ucapnya

Bapak Matias talenggeng, salah satu warga yang mendapatkan pelayanan dan bantuan pengobatan karena luka yang dideritanya saat berkebun sangat mengapresiasi dan bersyukur atas kegiatan yang diinisiasi oleh Satgas 721/Makassau

“pengobatan keliling seperti ini sangat membantu dan menolong kami” ucapnya.

Dansatgas Yonif 721/Mks menyampaikan bahwa selain untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat Papua khususnya di wilayah Puncak Jaya, Patroli Kesehatan yang dilaksanakan ini juga sebagai upaya teritorial dari Satgas Penyanggah Yonif 721/Mks dalam rangka mengambil simpati dan dukungan masyarakat.

“Satgas akan memberdayakan semaksimal mungkin tenaga kesehatan dan obat-obatan yang dimiliki serta berkoordinasi dengan pihak terkait, dalam hal ini Dinas Kesehatan kabupaten Puncak Jaya dan Ikatan Forum Dokter setempat untuk membantu meningkatkan derajat kesehatan masyarakat disini”, kata Dansatgas.

Ditambahkan Dansatgas bahwa pelaksanaan patroli menempuh medan yang berat dan dilaksanakan dengan berjalan kaki namun tetap memperhatikan faktor keamanan.

“Walau Tim Kesehatan harus melaksanakan Patroli berjalan kaki, tetapi anggota saya tekankan tetap memakai atribut lengkap mulai dari senjata, helm dan rompi anti peluru untuk alasan keamanan” ungkapnya

Tentang Penerangan Kodam

Penerangan Kodam

Baca Juga

PASANG PATOK TANDAI PRA TMMD KODIM 1423/SOPPENG

Pemasangan patok di pinggir sungai Kawerang oleh WS. Danramil 1423-02/Marioriawa Pelda Said bersama Kadis PU …

.