Selasa , 23 April 2019
Beranda / Berita / RAKIT KODAM HASANUDDIN, ATASI KORBAN BANJIR

RAKIT KODAM HASANUDDIN, ATASI KORBAN BANJIR

Berawal dari banjir bandang yang melanda sebagian besar wilayah di Sulawesi Selatan beberapa pekan lalu, menimbulkan berbagai dampak kerugian yang cukup besar baik harta dan nyawa, sehingga menjadi perhatian khusus Pangdam XIV/Hasanuddin Mayjen TNI Surawahadi, S.I.P., M.Si.

Melihat kondisi demikian, Pangdam Hasanuddin memerintahkan Kapaldam Kolonel Cpl Yudha Adhillah untuk merancang rakit dari bahan-bahan yang mudah didapat dan murah biayanya.

Hasilnya pun telah diuji coba di kolam renang Tirta Lontara pada hari Senin (11/2)

Mayjen Surawahadi mengatakan pihaknya berinisiatif menyediakan rakit ini karena cuaca sampai saat ini masih tidak menentu, “ini nantinya akan sangat membantu, karena dapat mengevakuasi sampai masuk ke komplek perumahan, yang mampu menampung 15 orang, bahkan dapat menggunakan OBM (Out boat motor)”, tuturnya.

Berdasarkan keterangan Kapaldam Kolonel Yudha bahwa proses pembuatan rakit dikerjakan di Bengrah Makassar melibatkan personel Paldam XIV/Hasanuddin. Bahannya sangat sederhana dari drum bekas, pipa serta deck baja ringan yang tahan benturan.

"Rakit ini tidak mudah robek dan tahan benturan, berbeda dengan perahu karet yang rawan terhadap paku atau potongan besi runcing pagar rumah" jelas Kolonel Yudha

"Rakit ini juga mampu memasuki lorong-lorong atau gang sempit perumahan, bisa secara manual menggunakan dayung atau dipasang mesin tempel" tambahnya.

Inovasi dan kreasi Paldam XIV Hasanuddin ini menjadi motivasi dan semangat untuk terus berbuat terbaik demi rakyat

Tentang Penerangan Kodam

Penerangan Kodam

Baca Juga

PANGDAM : TUGAS PENGAMANAN PEMILU ADALAH KEHORMATAN

"Tugas pengamanan pemilihan legislatif dan Presiden adalah kehormatan". Hal ini disampaikan Pangdam XIV/Hasanuddin Mayjen TNI …

.