Sabtu , 15 Desember 2018
Beranda / Berita / STAF AHLI PANGDAM KOLONEL YUSTINUS BERI KULIAH UMUM KEPADA MABA POLINAS

STAF AHLI PANGDAM KOLONEL YUSTINUS BERI KULIAH UMUM KEPADA MABA POLINAS

Pangdam XIV/Hasanuddin diwakili staf ahli Pangdam bidang Ideologi Kolonel Inf Yustinus Nono, mendapat kepercayaan dari Kampus Politeknik Informatika Nasional (Polinas) LP3I Makassar, untuk memberikan kuliah umum yang bertajuk "Wawasan Kebangsaan" kepada mahasiswa baru yang mengikuti pengenalan sistem pendidikan dan lingkungan (PSPL) di Hotel Swiss-Bellinn Makassar, Selasa (18/09).

Kegiatan PSPL yang diikuti sebanyak 380 mahasiswa baru dari Politeknik Informatika Nasional LP3I Tamalanrea dan Alauddin itu, akan berlangsung selama dua hari.

Dalam pemberian materinya, Kolonel Yustinus menjelaskan perkembangan kondisi strategis bangsa Indonesia saat ini, dimana telah mengalami perubahan signifikan seiring dengan pengaruh globalisasi dan perkembangan kemajuan teknologi yang berdampak pada perubahan kondisi sosial masyarakat.

Selain perkembangan tersebut, bangsa Indonesia yang merupakan negara yang memiliki potensi sumber daya alam yang cukup tinggi, sehingga berpotensi menarik perhatian dari banyak negara-negara besar untuk berkeinginan menguasai daerah Indonesia demi kepentingan sendiri dengan berbagai macam cara.

Kondisi ini, sangat potensi berdampak terhadap timbulnya berbagai ancaman, baik secara militer maupun nirmiliter. Namun untuk mengatasinya, bukan hanya menjadi tanggungjawab TNI semata sebagai komponen utama pertahanan negara, akan tetapi menjadi tanggungjawab semua komponen, baik utama, cadangan maupun komponen pendukung.

Menyikapi hal itu, Kolonel Yustinus mengajak para mahasiswa sebagai generasi muda bangsa Indonesia untuk menyadari dan kembali kepada jati diri bangsa yang dilandasi jiwa Pancasila sebagai pemersatu serta bijak dalam menggunakan media sosial. Sehingga memiliki karakter dan jiwa nasionalisme kuat dalam menjunjung tinggi kebersamaan dalam mewujudkan dan membangun bangsa Indonesia yang lebih maju.

PSPL mahasiswa baru Polinas, tidak hanya diisi pemberian materi kuliah dari staf Ahli Pangdam, akan tetapi juga diisi oleh Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Sulsel dan Manager Telkom wilayah Makassar.

Tentang Penerangan Kodam

Penerangan Kodam

Baca Juga

PANGDAM HASANUDDIN BERI PENGARAHAN KEPADA PERSONEL BRIGIF PARA RAIDER-3/KOSTRAD

Teriakan yel-yel sambil menyanyikan lagu Hantu Rimba yang digemakan oleh ratusan personel Brigif Para Raider-3/Tribuana …

.