Minggu , 23 September 2018
Beranda / Berita / PANGDAM HASANUDDIN : TERORIS RAMBAH DUNIA MAYA, MEDIA UNTUK SEBAR RADIKALISME

PANGDAM HASANUDDIN : TERORIS RAMBAH DUNIA MAYA, MEDIA UNTUK SEBAR RADIKALISME

 Panglima Kodam (Pangdam) XIV Hasanuddin Mayjen TNI Agus Surya Bakti dalam diskusi Peranserta Lembaga Penyiaran Menangkal Potensi Gerakan Terorisme di Sulsel, menyebutkan dunia Maya termasuk salah satu media yang sangat mudah menebar aksi teror.

 "Dunia maya kini menjadi tren, teknologi dan informasi begitu mudah diakses oleh semua kalangan, ini tentunya menjadi salah satu media menebarkan radikalisme dan bisa dilihat oleh mereka yang memiliki akses internet," ujar Agus di Hotel Grand Imawan, Jalan Pengayoman, Senin (21/5).

 Menurut mantan Deputi I Bidang Peneegahan, Perlindungan, dan Deradikalisasi BNPT ini, saat ini masyarakat perlu seleksi terhadap segala jenis informasi yang meresahkan. Sebab radikalisme dunia maya memang membenarkan adanya. ”Cyber terorism, bukan lagi istilah baru baik ini dalam bentuk informasi maupun situs-situs yang menyebar propaganda, dari sini kita bisa menyimpulkan dibalik perkembangan teknologi yang pesat rupanya menyimpan sisi positif dan negatif tergantung siapa yang menggunakan," tambah Pangdam.

 Mayjen Agus menjelaskan, menanamkan faham teroris bukanlah perkara mudah, perlu bertahap dan butuh waktu yang lama. Radikalisme dunia maya menempati peranan besar dalam menamakan doktrin bagi mereka yang telah memiliki bibit radikal pada dirinya. "Ada empat tahapan yang akan dilakukan seorang teroris sebelum melakukan aksinya pertama pra radikalisasi yang biasanya disebabkan masalah sosial, budaya, balas dendam, dan agama. Kemudian identifikasi diri, lalu indoktrinasi, dan terakhir melakukan aksi teror," jelas mantan Waaster Kasad itu.

 Sementara mantan teroris, Ali Fauzi mengatakan, aksi teror pada dasarnya juga dipengaruhi oleh masalah ekonomi dan cara pandang terhadap suatu ideologi.

 ”Memang rumit sebab wilayah bergeraknya pada dimensi pemikiran, belum lagi dengan adanya organisasi yang siap memberikan dana dari luar,” jelas Ali.

Tentang Penerangan Kodam

Penerangan Kodam

Baca Juga

STAF AHLI PANGDAM KOLONEL YUSTINUS BERI KULIAH UMUM KEPADA MABA POLINAS

Pangdam XIV/Hasanuddin diwakili staf ahli Pangdam bidang Ideologi Kolonel Inf Yustinus Nono, mendapat kepercayaan dari …

.