Minggu , 24 Juni 2018
Beranda / Kegiatan / WISATA MATEMATIKA BELA NEGARA TUMBUHKAN RASA CINTA TANAH AIR

WISATA MATEMATIKA BELA NEGARA TUMBUHKAN RASA CINTA TANAH AIR

 Banyak cara dan metode untuk menumbuhkan rasa cinta tanah air dan wawasan kebangsaan bagi generasi muda, salah satu cara yang menyenangkan melalui Wisata Matematika Bela Negara (WMBN).

 Menggandeng Klinik Pendidikan MIPA Universitas Negeri Makassar, Kodam XIV/Hasanudin menyelenggarakan Pelatihan Kader Wisata Matematika Bela Negara (WMBN) bertempat di Yonif 700 Raider/WYC Jl. Pelajar Pejuang Makassar, Selasa (6/3/2018).

 Dalam sambutan tertulis Pangdam Hasanuddin yang dibacakan Pabandya Wanwil Letkol Inf Agus Salim, bahwa tujuan dari kegiatan ini "untuk membekali dan menyiapkan prajurit Kodam sebagai pembina dalam pelaksanaan kegiatan wisata matematika bela negara di seluruh kabupaten baik di Sulsel, Sulbar maupun Sultra".

 Apresiasi dan penghargaan serta terimakasih disampaikan pula oleh Pangdam kepada penyelenggara, karena kreasi dan inovasi dalam pelatihan WMBN yang sangat menggembirakan dan tidak kaku. Selanjutnya berpesan pada peserta kader "untuk benar-benar diimplementasikan kepada para generasi muda di wilayahnya agar timbul nasionalisme dan rasa cinta tanah air dihati mereka".

 Kegiatan yang dilaksanakan selama 3 hari ini diikuti oleh para insan Teritorial dari Satkowil jajaran Kodam dan dipraktekkan secara langsung dengan melibatkan lebih dari 243 pelajar SMP dan para guru pendamping se kota Makassar, yang berlangsung cukup menarik dan mengembirakan.

 Berdasarkan penuturan salah satu peserta siswa SMP yang bernama Ardiyansah mengungkapkan bahwa pelatihan ini sangat berkesan, “melalui kegiatan ini, saya dapat mengetahui wawasan kebangsaan, permainan matematika, dan tidak kalah menariknya, dilatih anggota TNI yang ramah dan disiplin'' kata pelajar kelas 8 tersebut.

 Hal senada juga dikemukakan oleh seorang guru kelas Ibu Hanawati selaku guru pendamping yang mengaku bersyukur telah hadir dalam kegiatan WMBN. Dia berharap kegiatan ini dapat membuka wawasan kebangsaan generasi muda penerus bangsa. “Saat saya kembali ke sekolah nanti, saya selaku guru akan mengajak siswa lain untuk mengenal wawasan kebangsaan melalui wisata matematika bela negara bersama anggota TNI,” kata dia.

 Letkol Agus selaku Ketua Panitia mengatakan, bahwa "matematika dipandang menyeramkan, keunikan permainan matematika bela negara diharapkan membawa angin segar bagi pelajar dan masyarakat untuk menyenangi matematika dan menumbuh kembangkan rasa cinta tanah air".

Tentang Penerangan Kodam

Penerangan Kodam

Baca Juga

PANGDAM SILATURAHMI DENGAN PARA PROFESOR

 " Kodam Hasanuddin besar karena adanya dukungan dari segenap komponen masyarakat, termasuk para cendekiawan seperti …

.