Minggu , 24 Juni 2018
Beranda / Kegiatan / KODAM HASANUDDIN DAN TRIBUN TIMUR BERSINERGI TEGAKKAN NKRI

KODAM HASANUDDIN DAN TRIBUN TIMUR BERSINERGI TEGAKKAN NKRI

 “TNI dan Media merupakan pilar penopang berdiri tegaknya NKRI, oleh karenanya kedua peran ini harus bersinergi sehingga melahirkan sebuah kekuatan ampuh yang dapat menangkal dan mengatasi berbagai bentuk ancaman terhadap NKRI”. Hal ini, diungkapkan Pangdam XIV/Hasanuddin Mayjen TNI Agus SB saat menggelar acara nongkrong kopi (Nongki) bersama Harian Tribun Timur, di lapangan tembak pistol Makodam Makassar, Selasa (09/01).

 Acara yang dihadiri Kasdam, Irdam, para Staf Ahli Pangdam, para Asisten Kasdam dan beberapa Kabalak Kodam tersebut, bertujuan sebagai sarana untuk menjalin silaturahmi antara pimpinan Kodam Hasanuddin dengan Harian Tribun Timur yang merupakan salah satu media terbesar di wilayah Sulsel. Selain itu, kegiatan ini juga dimaksud untuk membuka saluran untuk bersinergi antara Kodam Hasanuddin dengan Media, untuk melakukan serbuan teritorial di dunia maya.

 Pangdam menyebutkan, kedudukan media sosial di zaman digital saat ini bagaikan hutan belantara yang belum tahu isi di dalamnya. “Menghadapi kondisi itu harus dengan sebuah pemahaman dan perspektif, sehingga kita dapat mengelolanya dengan bijak,” ujar Pangdam.

 Sementara itu, Pemimpin Umum Harian Tribun Timur Andi Suruji menyampaikan apresiasi dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Pangdam Hasanuddin yang meluangkan waktu dan kesempatan menerima kehadiran tim Harian Tribun Timur dalam acara Nongki. Pada kesempatan tersebut, Andi Suruji juga menyampaikan secara singkat sejarah berdirinya Harian Tribun Timur.

 Terkait dengan pelaksanaan Pilkada serentak tahun 2018, pimpinan Tribun Timur juga membutuhkan masukan dari Kodam XIV/Hasanuddin mengenai strategi dan langkah yang akan ditempuh dalam menciptakan situasi yang kondusif di wilayah teritorial Kodam XIV/Hasanuddin.

 Menanggapi pertanyaan Harian Tribun Timur tersebut, Pangdam mengemukakan bahwa salah satu langkah yang ditempuh Kodam adalah menekankan pelaksanaan netralitas bagi prajurit TNI dan ASN pada seluruh rangkaian pelaksanaan Pilkada serentak 2018.

 “Kodam akan terus berkoordinasi dengan Polda dalam menciptakan situasi yang kondusif. Saya juga minta semua media sesuai dengan fungsinya untuk turut berperan aktif dalam menciptakan kondisi yang kondusif melalui pemberitaan yang berimbang, objektif, sejuk dan tidak memprovokasi. Ingat, pers adalah pilar keempat demokrasi,” tegas Pangdam.

 Baik Harian Tribun Timur maupun Kodam XIV/Hasanuddin sama-sama menghendaki, agar acara silaturahmi seperti ini tetap dilanjutkan di masa yang akan datang sebagai forum atau sarana untuk saling bertukar informasi, sekaligus mengeratkan jalinan silaturahmi yang selama ini telah terjalin dengan baik.

 Salah satu bagian dari acara Nongki yang menarik bagi tim Harian Tribun Timur adalah kegiatan menembak pistol yang belum pernah dilakukan sebelumnya. Kegiatan ini memberi pengalaman baru bagi jajaran Tribun Timur untuk mengenal sebagian dari tugas TNI dalam menegakkan dan mempertahankan keutuhan NKRI.

Tentang Penerangan Kodam

Penerangan Kodam

Baca Juga

PANGDAM SILATURAHMI DENGAN PARA PROFESOR

 " Kodam Hasanuddin besar karena adanya dukungan dari segenap komponen masyarakat, termasuk para cendekiawan seperti …

.