Senin , 19 November 2018
Beranda / Kegiatan / KOWAD BERSAMA PERSIT PERANGI KANKER SERVIKS DAN PAYUDARA

KOWAD BERSAMA PERSIT PERANGI KANKER SERVIKS DAN PAYUDARA

 Dalam rangka menyambut HUT ke-56 Korps Wanita Angkatan Darat (Kowad) tahun 2017, panitia penyelenggara HUT menggelar berbagai kegiatan sosial, salah satunya menyelenggarakan ceramah kesehatan dengan menghadirkan narasumber Dr dr H Andi Mappaware, Sp.OG, MARS Direktur RSIB Sitti Khadijah Makassar, bertempat Balai Pertemuan Hasanuddin (BPH) Makodam Makassar. Kamis (07/12).

 Ceramah kesehatan yang diikuti oleh seluruh personel Kowad Kodam Hasanuddin dan anggota Persit Kartika Chandara Kirana PD Hasanuddin, mengangkat tema "Deteksi dini kanker mulut rahim dan kanker payudara". Turut dihadiri Aspers Kasdam Kolonel Inf Parwito, Kadilmil III-16/Makassar Kolonel Chk (K) Farid dan Wakil Ketua Persit Ny. Vivin Budi Sulistijono.

 Dalam ceramahnya, Dr Andi menyampaikan bahwa kanker payudara maupun kanker serviks dapat terkena pada seorang wanita, akibat dari pola gaya hidup, hormonal dan faktor lingkungan. Oleh karena itu deteksi dini merupakan cara yang efektif untuk mengetahui sejak dini sehingga lebih awal memahami permasalahan, pencegahan dan pengobatannya.

 Pemeriksaan Mammografi dan USG merupakan alat yang dapat mengetahui dari dini kanker payudara, sedangkan kanker serviks dapat dilakukan dengan sistem Papsmear dan Visual Inspection with Acetic Acid (IVA) serta USG, namun yang perlu disadari adalah pemeriksaan mandiri oleh diri sendiri dengan mengenali tanda-tanda atau gejala-gejala yang tidak biasa.

 Aspers Kasdam Kolonel Inf Parwito selaku pembina harian Kowad, berharap kegiatan ini menjadi sarana yang efektif bagi anggota Kowad dan persit Kartika Chandra Kirana PD Hasanuddin, untuk mendapat informasi dan pengetahuan secara detail tentang pemeliharaan kesehatan khususnya penyakit kanker serviks dan payudara.

Tentang Penerangan Kodam

Penerangan Kodam

Baca Juga

Bupati Kalatiku Sambut Kedatangan Pangdam di Rantepao

Bupati Toraja Utara, Kalatiku Paembonan, menyambut baik kedatangan Pangdam XIV/Hasanuddin Mayjen TNI Surawahadi, S.I.P., M.Si, …

.